Komponen - Komponen WLAN

12:18 AM


Hallo para pembaca blog ini semoga kalian di berikan ke sehatan selalu. Oke di kesempatan kali ini, saya akan memberikan suatu artikel tentang Komponen - Komponen WLAN.

Sedikit informasi untuk WLAN, atau bisa di sebut juga Wireless Local Newtwork sebenarnya hampir sama dengan dengan jaringan LAN, akan tetapi node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan. node pada WLAN menggunakan channel frekuensi yang sama dan SSID yang menunjukan identitas dari wireless device. Iya itu dia sedikit informasi apa itu WLAN dan langsung saja kita ke komponen - komponen WLAN, cekidot.


Komponen - Komponen WLAN :
Ada empat komponen utama dalam WLAN, yaitu :


1. Acces Point 

Merupakan perangkat yang menjadi sentral koneksi dari pengguna (user) ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya adalah milik sebuah perusahaan. Access Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan di salurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.

2. Wireless WLAN Interface 

Merupakan peralatan yang dipasang di Mobile/Dekstop PC, peralatan yang dikembangkan secara masal adalah dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI maupun melalui port USB (Universal Serial Bus).

3. Mobile/Dekstop PC

Merupakan perangkat akses untuk pengguna. mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA sedangkan dekstop PC harus ditambahkan wireless adapter melalui PCI (Peripheral Component Interconnect) card atu USB (Universal Serial Bus).

4. Antena External (optional) 

Digunakan untuk memperkuat daya pancar. Antena ini dapat dirakit sendiri oleh user. Contoh : antena kaleng 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments